Aplikasi
pengolah kata merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah dan
mengoperasikan kumpulan data berupa angka dengan menggunkan rumus
menjadi sebuah informasi. Salah satu aplikasi pengolah kata yang sering
digunakan yaitu LibreOffice Calc, OpenOffice Calc, Kingsoft Office, Free
Office dan Microsoft Office Excel.
Pada postingan kali ini, akan dibahas
mengenai aplikasi pengolah angka yaitu Microsoft Office Excel 2013.
Namun, sebelum membahas mengenai aplikasi penggolahan angka menjadi
informasi, kita bahas dulu elemen yang menyusun Microsoft Excel.
BAGIAN- BAGIAN PADA MICROSOFT EXCEL
- Book
Book atau wordbook merupakan area kerja pada Ms. Excel berupa worksheet.
- Sheet
Sheet
adalah halaman pada Ms. Excel atau halaman dari book. Pada Ms. Excel
2013 secara default terdiri dari satu sheet, namun kita bisa menambah
sheet tesebut.
Pengguna juga bisa mengubah nama dari sheet tersebut.
Klik kanan pada sheet > Rename > Ubah menjadi nama yang diinginkan
- Cell
Cell merupakan pertemuan antara Row dan Column
- Row
Row merupakan baris. Contoh row yaitu A1 secara horizontal. Pada Ms. Excel terdapat 1.048.576 baris
- Column
Colum merupakan kolom. Contoh column yaitu
A1 secara vertical. Pada Ms. Excel terdapat 1.048.576 kolom yang
berakhir pada huruf XFD.
FUNGSI DARI SETIAP RUMUS DI MICROSFOT EXCEL
Gambarlah tabel seperti pada gambar di bawah ini
- SUM
SUM digunakan untuk menjumlahkan data. Bentuk penulisannya yaitu =SUM(angka1 : angka 2)
Contoh : =SUM(C2:C10)
- AVERAGE
Average digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu data. Benntuk penulisan average yaitu =AVERAGE(range)
Contoh : =AVERAGE(C2:E2)
- IF
IF digunakan untuk membuat funsi kondisi
pada suatu data. Bentuk penulisannya yaitu =IF(kondisi pernyataan yang
akan ditampilkan bila benar, pernyataan yang ditampilkan nila salah).
Contoh : =IF( F2>=75,”A”,IF(F2>=65,”B”,IF(F2>=55,”C”,IF(F2>=45,”D”,”E”))))
=IF(G2=”E”,”TIDAK LULUS”,”LULUS”)
FUNGSI VLOOKUP
VLOOKUP
digunakan untuk mencari nilai berdasarkan reference pada data dan
mencarinya dalam suatu range. Bentuk penulisannya yaitu
VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index;num;[range_lookup])
Contoh : =VLOOKUP(K2,B1:H10,5,FALSE)
=VLOOKUP(K2,B1:H10,6,FALSE)
TANDA ABSOLUT DAN MEMBUAT TABEL PERKALIAN
Absolut digunakan untuk mengunci kolom
atau baris pada rumus agar tidak bergerak walaupun rumus tersebut
dipindahkan ke sel lain. Untuk menggunakan rumus absolut, pengguna
tinggal menggunakan $ di depan kolom atau baris yang ingin dikunci.
CARA MENGERJAKAN SOAL DI SLIDE TERAKHIR HALAMAN 18
Untuk mengerjakan tugas terakhir pada slide halaman 18 sebagai berikut
Untuk mengerjakannya, pertama buat dahulu tabel yang akan dikerjakan
Pad acara mengerjakan soal kali ini,
digunakan cara dengan tahun yang dikurangi 204 dikalikan dengan persen
pajak untuk mencari kelipatan pajak.
Contohnya tahun 2005 maka (2005-2004)*8% = 8% dan tahun 2006 (2006-2004)*8% = 16%
Pada sel C2 isikan sebagai berikut
= $C6*(C$1-2004)*$B2/100
- Kita mengunci $C6 sebagai nilai dari harga barang. Agar ketika ditarik ke rumus kanan, nilai pada kolom C tidak berpindah
- Kita mengunci C$1 sebagi nilai dari tahun, agar tidak berubah ketika ditarik rumus ke bawah
- Kita mengunci $B2 sebagi nilai presentase pajak yang akan dikalikan. B dikunci agar presntase tidak bergeser ke samping saat rumus dicopykan ke samping.
Dengan rumus ini, rumus dapat dipindahkan ke samping dan bawah
Sekian penjelasan singkat mengenai aplikasi pengoalah kata Microsoft Office Excel 2013. Semoga bermanfaat…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar